Kurang PD saat tampil??

Kurang PD saat tampil??

Kurang PD saat tampil didepan kelas atau didepan banyak orang? Kuran Percaya Diri ini sebenarnya menjadi alasan paling banyak yang dikemukakan oleh

Master of Ceremony Workshop dengan FEB UGM
MC Training – Generasi Muda Mudi Jlamprang Lor
Public Speaking Training and MC – Dinas Pariwisata Sleman

Kurang PD saat tampil didepan kelas atau didepan banyak orang?

Kuran Percaya Diri ini sebenarnya menjadi alasan paling banyak yang dikemukakan oleh teman-teman siswa di training Public Speaking Swaragama Training Center, dan sepertinya juga bagi teman-teman diluar sana yang takut maju bicara didepan umum. Hal ini sangat wajar terjadi, karena memang itu hal yang pertama dirasakan oleh emosi kita, tidak percaya diri merupakan manivestasi dari emosi takut. Dari emosi ini sebenarnya ada 3 respon yangbisa  kita berikan, yakni Fight, Fly, atau Frezeee. Menyerang, pergi atau diam! Didalam otak dan tubuh kita terjadi hal yang sama walau respon yang kita ambil berbeda, tubuh tetap akan memberikan detak jantung yang lebih cepat, adrenalin juga terpompa dan metabolisme tubuh bekerja lebih berat dari biasanya.

Ketika takut berbicara didepan umum mulai menyerang, selalu ingat kita ada 3 pilihan merespon, yang pertama kita bisa PERGI dengan cara menolak tawaran bicara didepan umum, dan ini biasanya hal yang sering terjadi. Ketika ada tawaran untuk menyampaikan ide atau gagasan didepan kelas atau didepan khalayak biasaya orang yang tidak biasa akan segera menolaknya, dengan berbagai alasan tentunya. Bisa juga PERGI ini dilakukan ketika sudah mendekati saat maju ke panggung, bisa tiba-tiba tidak datang dengan alasan sakit, atau ada keperluan yang tidak bisa diganggu, atau bisa juga lebih xtrem lagi, sudah tinggal melangkah maju ke panggung tiba-tiba pergi dan tidak mau naik panggung.

Respon yang kedua yang bisa dilakukan adalah DIAM! iya diam, atau kalau kata kids jaman now bisa dibilang BLANK! tatapan kosong, muka datar, tidak bergerak, atau bahkan pura-pura mati (Kebanyakan nonton sinetron). dan akhirnya menolak untuk tampil.

Berikutnya respon yang ketika yakni respon MELAWAN, bukan melawan dengan cara menolak kesempatan tersebut, tapi melawan dalam arti diri kita siap untuk maju dan ambil kesempatan tersebut. Adrenalin yang terpompa maupun jantung yang berdegub lebih kencang menunjukan bahwa kita siap untuk tampil, dengan Adrenalin yang mengalir kita bisa jauh lebih kuat dari biasanya, lebih semangat dari biasanya, dan lebih peka dari biasanya, dan itu yang dibutuhkan untuk tampil didepan umum.

Sehingga respon melawan tersebut yang harusnya kita terus tanamkan dalam diri kita, sehingga ketika akan maju ke depan, otak kita langsung terpogram dan mengatakan bahwa saya siap dan saya lebih PD karena saya merasa jantung saya berdetak lebih kencang, nafas lebih cepat, dan adrenalin sudah mengalir.

BUKAN SEBALIKNYA! Bukan karena jantung berdetak lebih kencang maka hal itu menunjukan kita gak siap dan gak PD!

Namai kondisi diatas sebagai kondisi SIAP, bukan kondisi GROGI!

So, ketika ada tawaran maju sebagai pembicara, atau ajakan untuk mengeluarkan ide pendapat, cepat-cepat AMBIL! Karena pasti TUBUH dan OTAK kita akan mendukung kita!

salam.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat