Penyiar radio dituntut untuk ekspresif. Gimana caranya ya?

Penyiar radio dituntut untuk ekspresif. Gimana caranya ya?

Penyiar radio tak jarang dianggap sahabat para pendengarnya yang menenemani dengan cuap-cuapnya saat sedang susah atau senang. Maka dari itu, seorang

Hal-hal penting ini perlu diperhatikan saat negosiasi
Membuat Opening kita berkesan
Communicate with Your Boss

Penyiar radio tak jarang dianggap sahabat para pendengarnya yang menenemani dengan cuap-cuapnya saat sedang susah atau senang. Maka dari itu, seorang penyiar radio dituntut ekspresif saat bersiaran. Dengan cara apa? Dengan vocal expression yang baik. Saat kita membawakan informasi atau berita yang menyenangkan, kita mesti membawakannya dengan ceria dan bersemangat. Sebaliknya, jika konten yang kita bawakan bernuansa sedih misalnya berita duka, maka vocal expression yang digunakan adalah sedih.

Seorang penyiar harus bisa membuat pendengarnya terhanyut, terbawa dalam suasana yang diciptakannya, dan menyentuh perasaan pendengar. Bahkan penyiar yang ekspresif dan mampu memainkan vocal expression dengan baik akan sanggup mempengaruhi pendengarnya. Di sini, seorang penyiar juga memiliki character expression. Di antaranya romantic, mellow, cheers, unique, friendly, dan relax.

Smiling voice atau nada suara yang bersahabat dan menggambarkan seolah sedang tersenyum juga diperlukan oleh penyiar. Pendengar menyukai penyiar yang bersahabat. Gunakan smiling voice dengan tulus, sama seperti kita tersenyum tulus pada seseorang yang berbicara di hadapan kita. Sekali pun kita hanya bisa menyapa pendengar di udara, sapalah dan tersenyumlah pada mereka dengan tulus.

 

 

Source from: Kompasiana.com

COMMENTS

WORDPRESS: 1
DISQUS: 0
WhatsApp chat