Modal Wajib Seorang Presenter TV

Modal Wajib Seorang Presenter TV

Nowadays, banyak muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang di tahun-tahun sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali. Sebagian besar pekerjaan-pekerjaan baru

Tips Mengajar Anak Berbicara (Public Speaking)
Belajar dari Asian Games 2018
First Impression itu PENTING!

Nowadays, banyak muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang di tahun-tahun sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali. Sebagian besar pekerjaan-pekerjaan baru tersebut berhubungan dengan dunia kreatif.

Namun selain pekerjaan-pekerjaan baru tersebut, ada satu pekerjaan yang masih menjadi primadona kids jaman now, yakni bekerja di dunia pertelevisian. Hal ini terlihat dari membludaknya pendaftar ketika stasiun TV membuka lowongan untuk calon pegawainya. Salah satu pekerjaan yang menjadi incaran adalah menjadi seorang Presenter TV, karena presenter TV menjadi salah satu batu loncatan paling baik untuk nantinya menjadi seorang Entertainment. Namun memang menjadi seorang presenter TV harus memiliki kemampuan yang harus dipelajari, bukan hanya modal tampang.

Untuk menjadi presenter TV, tidak ada kualifikasi spesifik yang dibutuhkan. Banyak orang memulai karirnya di dunia presenter TV dengan bekerja di tim belakang layar dari sebuah program TV. Beberapa orang juga ada yang menjadi presenter setelah bekerja menjadi aktor.

Kalau kamu serius untuk meniti karir menjadi presenter TV, berikut modal yang sebaiknya kamu miliki:

1. Pengetahuan yang luas

Menjadi seorang presenter televisi tidaklah harus berbasis pendidikan di dunia televisi atau komunikasi, dari disiplin ilmu apapun, asal dapat menyesuaikan dengan dunia kerja televisi. Salah satu tugas presenter adalah memberikan informasi, jadi ketika menjadi seorang presenter, pengetahuan tentang info-info maupun berita terbaru akan sangat dibutuhkan.

2. Kemampuan jurnalistik, membaca, dan berkomunikasi

Presenter televisi wajib memiliki kemampuan jurnalistik, kemampuan membaca, dan berkomunikasi dengan baik. Presenter juga wajib memahami nilai berita, unsur berita, dan kode etik jurnalistik. Hal ini akan berhubungan dengan integritas dan kredibilitas sebagai seorang presenter.

3. Berpenampilan menarik dan suara yang enak didengar

Televisi sebagai media audio visual, penampilan fisik presenter menjadi penting artinya. Bukan berarti yang boleh menjadi presenter harus mempunyai wajah yang cantik atau ganteng. Untuk itu memiliki wajah yang menarik, orang yang akan menekuni dunia presenter televisi harus berusaha menjaga penampilannya dan mensiasati hal-hal yang dapat mengganggu penampilannya, seperti: riasan wajahnya, tata rambut, busana, sorot mata, senyuman, suara, dan sebagainya.

Suara sangat berperan penting dalam penampilan presenter televisi. Suara yang enak didengar akan mempermudah penonton menerima informasi yang disampaikan. Semua orang memiliki suara, tetapi tidak semua orang memiliki suara yang enak didengarkan. Untuk itu perlu juga bagi seorang presenter untuk berlatih mengolah suara.

4. Sehat dan Berkepribadian baik

Profesi presenter televisi menuntut ketahanan fisik dan mental, karena seorang presenter televisi dituntut bekerja 24 jam. Untuk itu, penting menjaga kesehatan supaya tetap fit dalam menjalankan tugas sebagai prsenter terlebih seorang reporter. Bisa dengan menjaga pola makan, rutin olahraga minimal 15 menit sehari, makan buah-buahan, dan minum multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

Memiliki kepribadian yang baik penting juga untuk presenter TV sebagai public figur dan akan menjadi pusat perhatian. Berjuta-juta penonton akan memperhatikan dirinya, baik ketika sedang tampil di televisi maupun di tempat umum. Tidak jarang juga menjadi  idola dan pujaan kalau dikenal dengan sosok yang baik. namun sebaliknya, kalau seorang presenter terkenal dengan sikapnya yang menyebalkan, tidak akan begitu disukai oleh penonton.

 

Di bulan Mei 2018 ini, Swaragama Training Center membuka kelas baru yaitu Kelas Presenter TV. Di sini tidak cuma belajar tentang bagaimana menjadi presenter tv yang baik, tetapi juga akan belajar sedikit tentang teknik produksi program TV. Tertarik untuk mengikuti kelas ini? Kamu bisa langsung daftar di Kantor Swaragama Training Center di Bulaksumur Blok H5. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi via whatsapp di 08562727323 atau via Official Line STC @swaragamatc. Ada promo menarik juga untuk pendaftaran kelas ini!

 

*Gambar dari Google.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    […] Baca: Modal Wajib Seorang Presenter TV […]

  • DISQUS: 0
    WhatsApp chat