Public Speaking bukan hanya cuma Bicara

Public Speaking bukan hanya cuma Bicara

Banyak dari kita yang melihat seseorang dikatakan hebat dalam Public Speaking atau berbicara didepan umum adalalah dia yang bisa lancar berbicara dala

Personal Branding Bukan Sekedar Pencitraan
Percaya Diri, kudu wajib punya!
10 Perbedaan Rich Mindset vs Poor Mindset

Banyak dari kita yang melihat seseorang dikatakan hebat dalam Public Speaking atau berbicara didepan umum adalalah dia yang bisa lancar berbicara dalam hal ini Intonasinya baik, artikulasinya jelas, kecepatan nya juga pas, ditambah juga dan tidak grogi saat tampil.

Namun ternyata untuk hal tersebut merupakan basic skill. Memang jika menguasai kemampuan tersebut kita akan bisa menjadi seorang public speaker yang baik. Tapi baik saja belum cukup, Benjamin Franklin mengatakan

“If better is possiblegood is not enough.”

So gimana caranya menjadi kan kita tidak hanya baik, tapi jauh lebih baik dalam hal public speaking?

Ada 3 hal kunci yang perlu kita perhatikan. 3 hal ini disebut sebagai CAM!

CERITA

Selalu pastikan dalam materi yang kita sampaikan sisipkan cerita, kenapa cerita?

Karena cerita tidak bisa dibantah. Pernahkah kita membantah sebuah cerita? semisal ada yang sedang cerita tentang masa lalunya, lalu kita protes bahwa harusnya bukan seperti itu. Pastikan tidak mungkin, karena itu masa lalunya, tidak mungkin kita protes tentang masa lalu orang tersebut. Ketika materi dibalut cerita, orang akan cenderung menerimanya. Itulah mengapa banyak Film yang akhirnya merubah banyak jalan hidup orang, karena  makna atau materi dalam film tersebut dibalut dengan cerita yang baik.

lalu cerita juga disukai banyak orang. Dari kecil kita sudah sering diperdengarkan dengan banyak cerita-cerita indah. Cerita-cerita tersebut secara tidak langsung membentuk kepribadian kita dengan berbagai makna yang terkandung didalamnya. Sehingga kita lebih senang mendengar cerita daripada mendengarkan paparan teori.

AKTIFITAS

Aktifitas bisa berbentuk bermacam-macam, seperti Ice break, Game, ataupun Energizer. 3 hal tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Ice Break berfungsi untuk mencairkan suasana, sedangkan game berfungsi untuk mendukung materi yang kita sampaikan, lalu Energizer bertujuan untuk meningkatkan energi atau semangat dengan cepat.

Dengan Aktifitas, peserta bukan hanya mendengar materi tetapi juga merasakan apa yang dikemukakan secara langsung. Sehingga apa yang disampaikan akan lebih tertanam dalam karena peserta ikut mengalami apa yang disampaikan.

Lebih mudahnya melihat pentingnya aktifitas ini sama seperti ketika kita mendengar cerita bahwa “di ujung jalan ini ada warung nasi goreng yang enak sekali, dagingnya empuk dan banyak, bumbunya pas, nasinya enak, plus juga banyak toping-topingnya. ” Cerita tersebut akan jauh lebih mengena kalau pada saat mendengar cerita tersebut kita bisa mencicipi nasi gorengnya langsung.

MULTIMEDIA

Kita sekarang sangat dimudahkan dengan perkembangan jaman yang begitu luar biasa khususnya dibidang multimedia, coba bayangkan 20 tahun lalu, dimana mungkin Laptop saja menjadi barang yang sangat mahal, ditambah juga dengan LCD projector yang juga mahal. Dijaman itu yang namanya multimedia masih hanya sebatas OHP (over head projector) yang memiliki kemampuan yang sangat terbatas.

Sehingga sekarang sudah menjadi hal yang wajib sepertinya untuk melibatkan penggunaan multimedia dengan pas dan tidak berlebihan. Masukan unsuk Audio dan visual dalam presentasi kita, bisa dalam bentuk lagu, image, ataupun Video.

Selain itu Slide power poin juga menjadi salah satu bagian multimedia yang harus kita perhatikan. Masih banyak kesalahan pengetahuan tentang power point ini dalam penyampaian materi, salah satu kesalahan yang FATAL adalah menempatkan posisi power point lebih tinggi dari pada kita yang membawakan materi, hal ini ditunjukkan dengan si presenter hanya membaca apa yang ada didalam power point tersebut. Selain itu ketika kita men-desain power point kita secara sembarangan, hal tersebut justru akan membuat presentasi kita worst bukan menjadi better!

Swaragama Training Center kembali membuka kelas Public Speaking Advance, dimana didalamnya akan dipelajari bagiamana menyusun materi presentasi dengan menggunakan metode Quantum Teaching, yang didalamnya akan dibahas secara mendalam tentang bagaimana kita menyampaikan cerita dengan teknik Powerfull Story Telling yang tentunya lebih menggugah perasaan, selain itu juga akan dibagikan bagaimana membuat aktifitas yang pas dengan materi yang kita berikan, dan juga akan belajar cara memaksimalkan multimedia untuk presentasi kita.

Lalu juga akan disharingkan bagaimana slide kita bukan hanya sebagai penampil tulisan dan gambar saja, namun lebih jauh dari itu slide kita bisa berbicara lebih banyak dengan rahasia slide ala Steve Jobs!

so jangan tunggu lama-lama lagi, bagi Anda yang sudah mengambil kelas Basic segera daftarkan diri Anda bergabung bersama kami di Swaragama Training Center, Kelas Public Speaking Advance..

info : WA 0856 2727 323 atau line @swaragamaTC

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat