Tips biar Presentasimu Keren Maksimal!

Tips biar Presentasimu Keren Maksimal!

Dalam kehidupan kita sering dihadapkan dengan 2 situasi ini, yang pertama sebagai pendengar dan yang ke dua sebagai si pembicara. Memang secara presen

Public Speaking Kids Holiday – Swaragama Training Center
Riset sebelum Wawancara Kerja
10 tips Public Speaking dari “TED Talk”

Dalam kehidupan kita sering dihadapkan dengan 2 situasi ini, yang pertama sebagai pendengar dan yang ke dua sebagai si pembicara. Memang secara presentasi akan jauh lebih banyak menempatkan kita sebagai pendengar. Sebagai seorang pendengar biasanya kita memiliki espektasi yang tinggi terhadap si pembicara, jika pembicara hanya “B” aja atau malah under “B” secara otomatis fokus kita akan berubah tidak lagi ke pembicara namun ke hal-hal lain disekitar, seperti HP atau ngobrol dengan orang lain.

Sehingga ada kalanya ketika kita menjadi si “pembicara”, tuntutan untuk tampil keren itu menjadi sebuah keharusan buat kita. Karena kita gak mau ni ketika ngomong didepan tetiba audience kita sibuk sendiri kan?

Nha ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membuat presentasi kita menjadi lebih Keren! apa saja, marii lanjutt..

Ada 4 Tips untuk membuat presentasi kita lebih keren, yang disebut “TaBuh NaDa”

  1. Tangan
    • Ketika membawakan presentasi biasanya tangan kita ada dimana? apakah ada disamping seperti Tentara yang sedang upacara, atau malah bergerak cuma dengan “Unyil Style”? Kalau kita tau film Unyil, pasti tau gaya gerakan tangannya kan? yang cuma naik turun dengan kaku. Nha apakah itu gayamu kalau presentasi? So, ketika didepan pastikan tangan ada diatas pinggang supaya gerakan tangan bisa bergerak secara natural, tidak dipaksa dan tidak memaksa. Lalu pastikan ketika ada penekanan di dalam materi tangan kita juga ikut menujukkan penekanan. Dengan gerakan yang natural kita akan terlihat lebih percaya diri didepan audience kita.
  2. TuBuh
    • Ngomongin tubuh gak jauh jauh dari “Body Language”, alias bahasa tubuh. Berdiri tegap, kaki berdiri mantab selebar bahu, dan posture yang baik akan menaikan kepercayaan diri kita. Seperti yang dikatakan oleh Amy Cudd seorang Psikolog Sosial, beliau mengatakan bahwa “Tubuh kita mengubah pikiran dan pikiran kita mengubah perilaku kita, dan perilaku kita mengubah hasil kita.” Sehingga ketika ingin merubah hasil presentasi menjadi lebih keren, ubah dulu Bahasa Tubuh kita.
  3. Nada Suada
    • Suaramu memainkan peran penting dalam keberhasilanmu dalam presentasi. Menurut penelitian yang didapat dari 120 komunikator papan atas, suara pembicara dua kali lebih penting daripada isi pesan dan bahkan salah satu pembicaraan TED yang paling populer ternyata memiliki 30,5% variasai vokal yang lebih banyak dari pembicara lain. Kita bisa menggunakan nada yang lebih tinggi ketika mengkomunikasikan sebuah ide dan nada yang lebih rendah ketika memberikan contoh-contoh yang serius. Intinya, ini tentang menyamakan Emosimu dengan isi materimu. Misalnya, jika berbagi kisah sedih, gunakan nada dan volume yang lebih rendah. So, ketika didepan jangan lupa mainkan Nada Suaramu ya, seperti penyanyi yang bernyanyi dengan penuh nada indah.
  4. JeDa
    • Jeda atau pause adalah alat yang ampuh ketika membawakan presentasi, walaupun memang banyak dari kita yang mengira ketika didepan harus selalu bisa ngomong tanpa putus. Ketika Jeda ini digunakan dengan sengaja pada saat yang tepat, dapat menciptakan moment yang dramatis untuk lebih memperkuat apa yang telah dikatakan, karena Jeda akan membuat audiens merenungkan materi kita dan juga dapat menyediakan waktu bagi audiens untuk membiarkan pesan lebih meresap.

Jika kita menggunakan tips diatas dengan baik dan tepat, maka tingkat ke”keren”an kita dimata audiens akan meningkat drastis. Syaratnya cuma satu, yakni persiapan yang matang. Persiapan tersebut termasuk didalamnya latihan, jangan sampai waktu persiapan kita habis digunakan hanya untuk membuat materi saja.

Latihan akan lebih pas jika kita ditemani oleh orang lain yang siap memberikan feedback yang pas dan tepat terhadap perform kita, dan Swaragama Training Center (STC) menyediakan wadah yang sangat tepat untuk kamu bisa berlatih dengan maksimal untuk mempersiapkan presentasi menjadi jauh lebih keren.

Di STC kita tidak hanya belajar tentang dasar-dasar materi Public Speaking, tapi juga akan lebih banyak waktu dihabiskan untuk Praktek, karena sejatinya yang namanya belajar Public Speaking itu intinya adalah Praktek. Selain itu kamu akan ditemani trainer-trainer yang berpengalaman didunia public speaking, sehingga feedback yang diberikan akan jauh lebih berbobot dan tepat sasaran dari feedback yang diberikan orang awam. Dengan Trainer yang berpengalaman akan lebih memberikan keadaan yang real dilapangan dari hanya sekedar teori saja.

So tunggu apa lagi, segera daftarkan diri kamu di Swaragama Training Center dengan menghubungi 0856-2727-323 atau bisa juga langsung datang ke Kantor Swaragama Building di Komplek Bulaksumur H5, Depok Sleman Yogyakarta.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat