Hal-Hal yang Wajib Dikuasai Seorang MC

Hal-Hal yang Wajib Dikuasai Seorang MC

Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara berarti bertanggung jawab terhadap keberhasilan acara saat acara tersebut sudah dimulai. Tu

MC Training CDC FISIPOL UGM
MC Training – Panitia PPSMB FEB UGM
Online Class Master of Ceremony June 2020

Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara berarti bertanggung jawab terhadap keberhasilan acara saat acara tersebut sudah dimulai. Tugas MC bukan hanya mengantarkan satu segmen ke segmen berikutnya, tapi juga harus bisa menjaga ketertarikan penonton agar tetap semangat mengikuti acara.

Untuk itu ada beberapa hal yang wajib dikuasai seorang MC:

1. Kenali acara yang akan dibawakan

Sebagai MC kamu harus mengetahui sejelas-jelasnya tentang acara yang kamu bawakan. Jenis acara formal atau informal, apa maksud dan tujuan acaranya, kenali latar belakang diadakannya acara tersebut, apa ciri khasnya, inspirasi atau informasi lainnya. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang acara, produk, dan juga sponsor. Seorang MC yang baik, bisa memberikan informasi produk kepada audiens tanpa merasa seperti sedang jualan produk atau terderngar menggurui.

2. Kenali audiensmu

Ada beberapa tipe audiens di sebuah acara: tamu VVIP, VIP, undangan, penonton, juga panitia acara. Cari tahu juga tentang latar belakang audiens kamu secara umum supaya bisa mendapatkan perhatian mereka. Dengan mengenali latar belakang audiens kamu, kamu bisa menggunakan gaya dan bahasa yang sesuai. Juga bisa menyiapkan humor humor yang pas atau info terkini yang dekat dengan audiens kamu untuk menajdi bahan saat membawakan acara.

3. Pahami rundown acara

Rundown atau susunan acara adalah pedoman acara yanh harus diikuti, karena itu memahami rundown dengan baik adalah ahl yang sangat penting bagi seorang MC. Dengan memahami rundown, seorang MC bisa tahu apa yang harus dilakukannya jika terjadi sesuatu hal yang di luar rencana. Salah satu tugas MC adalah sebagai timer, jadi rundown membantu untuk tahu durasi setiap segmen atau sesi. Namun walaupun sudah ada rundown yang menjadi pedoman acara, sebagai seorang MC harus bersiap dan bisa adaptasi untuk menghadapi perubahan mendadak bahkan menjelang ataupun selama acara berlangsung.

Nah kamu mau belajar lebih banyak tentang MC? Yuk segera daftarkan dirimu di kelas Master of Ceremony Swaragama Training Center dengan menghubungi 0856-2727-323 atau bisa juga langsung datang ke Kantor Swaragama Building di Komplek Bulaksumur H5, Depok Sleman Yogyakarta.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1
WhatsApp chat