Tips Persiapan Presentasi

Tips Persiapan Presentasi

Banyak dari sahabat STC yang bertanya baik di Medsos STC ataupun via kelas STC tentang apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mempersiapkan Presentas

3 Tips Menyempurnakan Keterampilan Public Speaking kamu!
Dress like a pro!
Career Goal Setting

Banyak dari sahabat STC yang bertanya baik di Medsos STC ataupun via kelas STC tentang apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mempersiapkan Presentasi yang Jempolan. Kali ini akan dibagikan 4 Tips yang ampuh bener untuk membuat presentasi Kamu tambah JossGuandoss..
4 Tips adalah MAPS!! ya, peta. Jadi MAPS ini akan membantu kamu biar tidak tersesat ketika mempersiapkan presentasimu. Apa saja MAPS itu ;

Materi

Pastikan kamu menguasai Materi-mu, kumpulkan data-fakta yang akan kamu sampaikan saat presentasikan. Biasanya data data yang udah dikumpulkan akan dibuat Slide Presentasinya, hati-hati pada bagian ini. Karena kebanyakan dari kita waktu untuk buat slide presentasi ini akan banyak menyita waktu, cari gambar yang bagus, pilih kata/kalimat yang masuk ke slide, pilih transisi antar slide, mungkin juga cari clipart yang pas, atau musik dan video yang mendukung- semua hal itu tentu akan menyita hampir seluruh waktu persiapan kita. Dan ini BAHAYA! sebaik apapun desain slide kamu, tapi ketika membawakan nya berantakan maka hasilnya akan berantakan pula. So, buatlah slide yang sederhana dan mudah dipahami. Untuk “Bagaimana membuat slide yang keren” tunggu artikel berikutnya ya.

Audience

Yups, kamu harus tau tuh siapa nanti yang akan jadi audience mu. Jangan sampai kamu tau audience mu pas saat presentasi tiba, karena dampaknya akan mengerikan. Coba bayangkan jika kita taunya yang dihadapan kita adalah temen-temen sendiri, lalu pas presentasi ternyata yang hadir adalah para Dosen/Guru kamu.. hmmm pasti bakal berantakan pula kan. So, pastikan kamu tau audiencemu untuk pada saat persiapan bisa mempersiapkan jauh lebih baik, misal masalah pemilihan kata, lalu juga pemilihan style pakaianmu, atau bahkan cara bicara juga akan berbeda sesuai dengan audience yang ada didepanmu nanti.

Practice

Nha ini the most important thing yang kudu wajib kamu lakukan untuk membuat presentasimu jempolan. Ingat ya yang namanya Practice itu gak cuma sekali atau dua kali! itu bukan latihan, tapi cuma coba-coba. Buat presentasi kq coba-coba! Gimana caranya latihan dengan maksimal?

  1. Buatlah mini kelas yang mungkin dihadiri teman, orang tua, adik, kaka, pacar, gebetan, suami, istri atau orang-orang yang sedang nganggur tarik aja jadi penonton bayaranmu. Lalu presentasi didepan mereka!
  2. Dari pada nyanyi gak jelas di kamar mandi, mending lagumu diganti dengan presentasimu!
  3. Pas lagi dijalan juga bisa, daripada bosen nungguin macet, nha gunain waktumu untuk latihan tuh.
  4. Pake teknologi! kamu punya smartphone kan ya? yang ada kameranya? klo gak punya pinjem dulu gih. Coba presentasi sambil kamu rekam, lalu yang terpenting setelah itu harus kamu TONTON! dan lihat hasilnya.
  5. Pastikan ketika kamu latihan didepan orang, minta feedback dari mereka. Saran ya, jangan minta feedback yang positif doank, tapi yang terpenting feedback yg bersifat kritik. Nha saran juga ni, klo bisa cari orang yang berkompeten didunia presentasi, misal dosen/guru/ atau siapapun yang udah biasa presentasi didepan. Paling gampang sih kamu bisa join dikelas STC, disana kamu bakal “Dihajar” habis-habisan tentang cara presentasimu, karena memang pengajar di STC sudah ribuan jam terbang mengajar di berbagai instansi baik formal maupun informal, sehingga feedback yang diberikan akan lebih tepat sasaran.

Sembahyang

Kalau practice adalah the most important thing, maka S yang terahir ini lebih dari important thing! PASTIKAN sebelum presentasi kamu harus sudah puasa Senin Kamis, Sholat 5 waktu, rajin ke Gereja, doa Rosario, ataupun sudah sembahyang di Wihara atau Pura. Sebaik apapun slide kita, semantab apapun latihan kita, tanpa ijin yang Diatas bisa dipastikan presentasi kita akan berantakan. Malah bisa jadi, slide gak ada, latihan gak sempat, eh tapi presentasi lantjar jaya karena berkah dari Tuhan yang Maha Esa. Tapi jangan dengan alasan itu kita gak persiapan ya, manusia yang berusaha Tuhan yang menentukan. Masih ingat kan istilah “mensana in corpore sano” ? yups dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
Eh bukan, maksudnya “Ora Et Labora”, jadi tetap harus berusaha maksimal diingiri dengan doa yang maksimal pula.

Semoga Peta diatas bisa menuntun kita kejalan yang benar dalam mempersiapkan Presentasi.
Untuk kamu yang mau belajar lebih detail tentang public Speaking, jangan segan hubungi kami Swaragama Training Center untuk gabung di kelas Intensive Public Speaking ataupun kelas Short Course Public Speaking Jogja dengan menghubungi di 0856 2727 323 atau line @swaragamaTC, bisa kepoin kami juga di medsos kami @SwaragamaTC.
salam.,

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat