Public Speaking Training and MC – Dinas Pariwisata Sleman

Public Speaking Training and MC – Dinas Pariwisata Sleman

STC diberikan kepercayaan oleh Dinas Pariwisata Sleman untuk sharing mengenai Public Speaking dan MC kepada beberapa staff Dinas Pariwisata Sleman. Ma

Sekolah Mendengar
MC Training – Generasi Muda Mudi Jlamprang Lor
Membuat Opening kita berkesan

STC diberikan kepercayaan oleh Dinas Pariwisata Sleman untuk sharing mengenai Public Speaking dan MC kepada beberapa staff Dinas Pariwisata Sleman. Materi Public Speaking diberikan oleh Gideon Surya Pratama dan MC oleh Cici Priskila. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 dan Rabu, 17 Oktober 2018 yang bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Sleman.

Pada hari pertama, acara pelatihan public speaking diikuti oleh 13 staff Dinas Pariwisata Sleman. Materi yang disampaikan oleh Gideon Surya Pratama adalah Powerful Public Speaking. Di era global ini, setiap orang dituntut untuk menguasai kemampuan komunikasi. Dengan kata lain kemampuan berhubungan dengan orang lain menggunakan cara yang tepat. Ini merupakan salah satu kunci penting untuk dapat bertahan dalam dunia yang semakin berkembang. Setelah memberikan beberapa materi mengenai pentingnya penguasaan Public Speaking, dilakukan sesi latihan/praktik untuk peserta In House Training. Kemudian acara pelatihan berakhir pada pukul 11.30 WIB dan akan dilanjutkan pelatihan MC pada keesokan harinya.

Selanjutnya, pada hari kedua, materi yang disampaikan oleh kak Cici mengenai How to be a Great MC. Pada pelatihan ini dijelaskan bagaimana seorang MC harus menguasai banyak aspek saat membawakan sebuah acara. Misalnya penguasaan audiens, tempat, dan materi yang harus dibawakan. Tips dari kak Cici adalah kita jangan menghafalkan secara rinci saat menjadi MC, tetapi seharusnya memahami dengan mind mapping. Cara paling mudahnya adalah membuat poin-poin penting yang akan dibawakan saat membawakan materi. MC bukanlah pelawak, menjadi seorang MC itu tidak harus lucu, melainkan harus paham tentang apa yang sedang disampaikan sesuai kebutuhkan audiens. Kemudian, slide presentasi yang disukai oleh audiens adalah slide yang penuh dengan gambar dan visual menarik. Tak kalah penting, ice breaking perlu dilakukan untuk mencairkan suasana agar audiens kembali konsentrasi.

Pelatihan Public Speaking dan MC yang berlangsung selama dua hari berjalan sangat seru dan lancar. Terimakasih Dinpar Sleman! Kalian semua hebat! Sampai jumpa!

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat