Tinggalkan Kesan lewat Powerful Closing

Tinggalkan Kesan lewat Powerful Closing

Ketika kita berbicara di depan umum, opening memang penting karena itu akan menentukan apakah audiens tertarik untuk mendengarkan apa yang akan kita s

Public Speaking Training – Magister Management USD
Public Speaking Anak
Public Speaking Inhouse Program “SoftwareSeni Indonesia”

Ketika kita berbicara di depan umum, opening memang penting karena itu akan menentukan apakah audiens tertarik untuk mendengarkan apa yang akan kita sampaikan selanjutnya. Namun, menutup dengan Powerful Closing juga penting supaya penampilan kita meninggalkan kesan. Ada beberapa hal alternatif yang bisa kamu lakukan untuk membuat closing-mu menjadi mengesankan!

  • Akhiri dengan Kesimpulan

Mengakhiri penampilan kamu dengan memberi kesimpulan dapat membantu audiens untuk mengingat poin-poin penting dari materi kamu. Apalagi kalau materi yang kamu sampaikan memiliki pembahasan yang luas. Kalau kamu melakukan hal ini, dijamin ada beberapa hal yang dapat diingat dan dibawa pulang oleh audiens kamu.

  • Akhiri dengan Sebuah Cerita

Semua orang menyukai cerita. Karena itu, kamu bisa menggunakan cerita sebagai closing penampilan kamu. Memang tidak mudah keliatannya untuk dilakukan karena kamu harus memberi penghayatan sehingga cerita kamu sampaikan hidup dan memberi kesan. Namun, jika kamu terus berlatih, percayalah kamu pasti mampu untuk melakukannya.

  • Akhiri dengan Suatu Ajakan (Call to Action)

Mengajak audiens untuk bertindak di akhir penampilan kamu, itu bisa saja dilakukan. Namun perlu diperhatikan untuk menyampaikan ajakan ini secara baik dan efektif. Kalau ajakan untuk bertindak ini bisa kamu sampaikan secara jelas, penuh energi, dan meyakinkan, audiens akan dapat mengingat hal itu. Dengan begitu, mereka mengetahui apa saja yang harus dilakukan setelah pulang dari sini berkat ada kesan mendalam yang dirasakan.

 

Selamat mencoba, sahabat STC! 😀

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat