Public Speaking Training – KMTETI UGM

Public Speaking Training – KMTETI UGM

STC berkesempatan hadir di acara pelatihan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Semina

Public Speaking and Grooming Class with CDC Fisipol UGM
STC Goes to Campus – Fakultas Psikologi USD
Dress like a pro!

STC berkesempatan hadir di acara pelatihan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Seminar berlangsung di Gedung Kantor Pusat Fakultas Teknik (KPFT) Universitas Gadjah Mada pada hari Minggu, 4 November 2018. Acara ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta yang berkisar 80 orang. Mas Deon, selaku trainer di STC, sekaligus pemateri pada seminar ini berkesempatan memaparkan beberapa hal yang harus dikuasai saat menjadi public speaker. Selain mas Deon, pemateri kedua adalah mas Bara yang merupakan finalis Dimas Jogja dan merupakan alumni dari STC, guys!

Sesi materi yang santai membuat acara seminar berjalan asik. Peserta antusias untuk bertanya serta berinteraksi dengan mas Deon dan mas Bara. Pada sesi materi, mas Deon sharing mengenai beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat berbicara di depan umum. Salah satunya adalah eye contact. Ya, eye contact! Seorang public speaker sudah seharusnya melakukan eye contact terhadap audiens. Ini mutlak dilakukan karena audiens akan senang jika kita tatap yang berarti kita menghargai akan hadirnya audiens. Dengan eye contact, kita akan mengetahui apakah audiens tertarik, tidak tertarik, fokus, ataupun tidak fokus dengan apa yang sedang kita sampaikan. Untuk selengkapnya bisa akses artikel Matamu!

Di seminar ini tidak hanya membahas eye contact, tetapi juga mengupas hal-hal yang tidak boleh dilupakan saat menjadi seorang public speaker. Beberapa diantaranya adalah mengatur emosi, voice, dan gesture. Nah, pada sesi terakhir yaitu sesi praktik, peserta diberikan kesempatan maju untuk berbicara di depan umum dengan durasi 5 menit. Peserta dibebaskan untuk memilih materi apa yang akan disampaikan di depan audiens. Peserta seminar sangat antusias ingin mengikuti sesi praktik, tetapi karena adanya keterbatasan waktu, maka hanya terpilih beberapa peserta yang berhak tampil. Para peserta yang terpilih akan langsung dinilai oleh mas Deon dan mas Bara. Keseluruhan acara seminar berjalan lancar, asik, dan menyenangkan.  Terima kasih KMTETI UGM!

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat