SEPI – 4 Hal Dasar dari Presenter TV

SEPI – 4 Hal Dasar dari Presenter TV

Halo, sahabat STC! Sudah tahu kan ya apa itu TV Presenter? Ya, TV Presenter merupakan sebutan untuk seseorang yang berprofesi di bidang pemberitaan. P

Management Broadcasting-Bea Cukai Yogyakarta
Managing Motivation at Work, BNI Cab. Sengkang
Training For Coordinator – Nasi Uduk Palagan, Januari 2020

Halo, sahabat STC! Sudah tahu kan ya apa itu TV Presenter? Ya, TV Presenter merupakan sebutan untuk seseorang yang berprofesi di bidang pemberitaan. Pemberitaan yang seperti apa? Tentu saja sesuai dengan namanya, pemberitaan di suatu stasiun televisi. Tugas seorang presenter TV adalah bekerja pada stasiun televisi kemudian menyiarkan hasil liputannya melalui media televisi.

Nah, sebelum menyiarkan berita atau informasi di depan layar, seorang presenter TV harus memperhatikan beberapa hal dasar seperti suara, ekspresi, penampilan, dan intonasi. Agar mudah diingat, maka empat hal tadi akan disingkat menjadi SEPI. Apa yang dimaksud dengan SEPI? Berikut penjabarannya.

Suara

Suara seorang presenter TV tidaklah harus merdu, keras, atau pelan. Namun, suara yang dihasilkan saat menyiarkan suatu berita haruslah jelas dan dapat juga disesuaikan dengan informasi apa yang sedang disiarkan. Jadi, pendengar akan lebih mudah memahami isi berita yang disampaikan.

Ekspresi

Salah satu syarat menjadi seorang presenter TV adalah ekspresif. Presenter dituntut untuk memainkan ekspresi wajah ketika siaran. Ekspresi yang ditampilkan harus disesuaikan dengan isi pemberitaan yang sedang disiarkan. Misalnya, ketika sedang menyiarkan berita duka atau sedih, maka harus menunjukkan rasa empati dengan memasang ekspresi sedih. Begitu pun sebaliknya, ketika memberitakan suatu hal yang bahagia, maka presenter juga harus turut berbahagia saat menyiarkannya.

Penampilan

Tidak ada syarat mutlak seorang presenter TV harus berwajah cantik atau tampan. Namun, penampilan lah yang menjadi poin utama saat seorang presenter membawakan suatu acara. Penampilan yang dimaksud tidak harus mewah, tetapi dapat disesuaikan dengan karakter presenter, kondisi saat membawakan acara, atau disesuaikan dengan event yang sedang terjadi.

Intonasi

Sudah pasti seorang presenter TV harus memiliki intonasi yang baik. Hal ini akan membuat pemirsa lebih mudah mencerna berita atau informasi yang disampaikan. Sehingga, dengan intonasi yang baik akan meminimalisir bias dari berita yang disampaikan oleh presenter. Pemirsa pun dapat menangkap informasi dengan tepat.

Baca: Modal Wajib Seorang Presenter TV

Pict: shutterstock.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat