Dress like a pro!

Dress like a pro!

Satu hal yang menjadi perhatian pertama dalam public speaking tentu tampilan kita sebagai pengajar/presenter. Tampilan kita tidak jauh dari apa yang k

Ber-koneksi dengan Peserta
STC Goes to Campus – Fakultas Psikologi UMBY
Public Speaking for Selling – PT. GALVA TECHNOLOGIES

Satu hal yang menjadi perhatian pertama dalam public speaking tentu tampilan kita sebagai pengajar/presenter. Tampilan kita tidak jauh dari apa yang kita kenakan dan gunakan, dan kali ini STC akan memberikan tips Dress Like a Pro : bagaimana kita bisa berpenampilan yang “pas” dalam setiap presentasi kita. Ada 3 hal utama yang bisa menjadi perhatian kita ketika memilih pakaian untuk presentasi,

  1. Lebih dari Audience

    Sering kali kita melihat presenter yang terlihat berlebihan ketika tampil dan hal yang biasa terjadi adalah pemilihan pakaian yang “jauh” dari pakaian yang digunakan dengan audience. Poin pertama ini lebih menyarankan kita untuk melihat audience kita seperti apa, dan kira-kira apa yang mereka kenakan ketika presentasi, sehingga dari investigasi tersebut kita bisa memutuskan untuk menggunakan pakaian 1 LEVEL lebih baik dari Audience.

    Misal Audience menggunakan kaos, maka kita bisa menggunakan kaos berkerah. Atau audience menggunakan kemeja lengan pendek, kita bisa menggunakan kemeja lengan panjang. Kalau audience menggunakan kemeja lengan panjang, kita bisa menambahakan jas untuk digunakan.
    Intinya jangan terlalu “jauh” dengan audience kita, mereka pakai kaos tapi kita pake setelah jas plus dasi dan sepatu kinclong, bila itu terjadi kayak seperti jaka sembung bawa gitar, gak nyambung JRENGG..

  2. Pilih Pakaian Andalan

    Hal yang berikutnya tentang pilih pakaian Andalan kita. Tentu di lemari pakaian kita ada pakaian yang kita anggap sebagai pakaian yang paling ok saat kita pakai, nha pilih itu. Untuk menambah rasa percaya diri kita. Jangan sampai kita menggunakan pakaian yang tidak kita suka.

  3. Pakai yang Nyaman dan Sopan

    Ini yang penting. walaupun pakaian kita mahal dan terlihat keren di mata audience kita, namun ternyata saat kita kenakan ternyata kurang nyaman. Jauhi pakaian tersebut (kecuali sudah jadi keharusan dari Panitia ya)
    Cari pakaian yang nyaman saat dikenakan dan pastikan coba terlebih dahulu pakaian baru. Supaya kita bisa tau nyamannya pakaian tersebut. Lalu setelah nyaman, jangan lupa yang sopan. Sopan dalam arti sesuai dengan acara yang akan kita hadiri ya.

  4. Sesuaikan umur

    Ini juga yang harus diperhatikan, karena tidak jarang pakaian kita terlalu anak-anak buat kita, atau malah terlalu tua buat kita. Sesuaikan dengan umur kita, misal jika kita berusia 60 tahun dan audience kita anak muda 20tahunan, so bisa menggunakan kaos krah, dengan celana panjang jeans, dan sepatu sneaker. Tidak perlu kita menggunakan aksesoris-aksesoris anak muda yang terlihat “terlalu” saat dikenakan ke kita yang berumur 60th. Ataupun kalau kita masih 20 tahun dan harus ketemu dengan audience yang jauh lebih senior, kita masih bisa menggunakan setelan jas berdasi, tapi tentu setelan jas anak muda, yang bisa ditambah dengan sedikit saja aksesoris.

Selamat mencoba tips di atas, dan kami doakan temen-temen tidak salah kostum saat presentasi ya..

Salah kostum saat presentasi akan membuat beban presentasi kita akan semakin berat dan berat.

salam.,

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat