Tips dan Trik Jitu Menjadi Seorang Penyiar Radio yang Kece Abis

Tips dan Trik Jitu Menjadi Seorang Penyiar Radio yang Kece Abis

Announcer adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiar, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi,acting, acara olahraga, p

5 Hal Teknis yang Harus Diperhatikan untuk Menjadi Penyiar
Management Broadcasting-Bea Cukai Yogyakarta
Online Class STC : Public Speaking, MC, dan Radio Announcer 2020

Announcer adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiar, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita/informasi,acting, acara olahraga, pewawancara, diskusi, quiz, dan narasi.

Seorang calon penyiar radio dituntut untuk banyak tahu. Bayak tahu dalam artian memiliki wawasan yang luas. Hal ini disebabkan ketika On Air, para pendengar akan menilai bahwa sang penyiar adalah seorang yang maha tahu. Karena penyiar radio juga merupakan manusia biasa, tentulah tidak semua diketahuinya. Untuk itulah seorang penyiar harus banyak mencari tahu untuk menambah perbendaharaan wawasan yang dimilikinya.

Apa saja yang di perlukan untuk menjadi seorang penyiar radio atau announcer :

1. Cinta musik

Dalam penyiaran radio, pasti tidak akan lepas dari yang namanya music. Mulai dari pembuka hingga penutup, program radio pasti akan didominasi akan suara music (kecuali program tertentu).

2. Perhatikan attitude

Berani menjadi seorang penyiar berarti berani menjadi sorotan di public. Karena seorang penyiar radio akan mengundang banyak perhatian orang, maka dari itu seorang penyiar radio harus mampu menjaga attitude (sikap). Semakin sopan sikap kita, semakin santun tingkah laku kita, seorang penyiar radio akan lebih dihormati dan disegani.

Baca: Penyiar Radio Dituntut Untuk Ekspresif

3. Latihan vocal

Saat penyiar radio sedang On Air, tidak bisa ditampik bahwa suara adalah syarat dan hal yang sangat wajib di radio. Entah suara music, ataupun suara bercerita sang penyiar. Terkadang saat kita bercerita, kita akan menemui saat dimana kita akan kesulitan mengucapkan sebuah kata. Sering kali penyiar menghadapi situasi demikian saat membawakan program yang bernuansa semangat. Dalam program ini, penyiar radio diharuskan untuk berbicara dengan nada semangat. Untuk itu, kadang penyiar meningkatkan kecepatan berbicaranya (walau tidak semua) agar terlihat semangat. Saat berbicara sedikit cepat inilah kadang suatu kata akan terucap tidak jelas, salah pengucapan dll. Untuk itu, latihan vocal diperlukan. A I U E O

4. Gaul

Seorang calon penyiar diharuskan untuk gaul. Bukan gaul dalam artian perilaku yang mengganggu, kacau, nakal, dll. Ini dikarenakan adanya penyimpangan dari makna gaul itu sendiri. Disini gaul yang dimaksud adalah selalu up-date dengan apa-apa saja yang sedang trend dan popular di masyarakat, berita atau informasi apa saja yang ramai dibicarakan. Karena sangat memalukan untuk penyiar radio, jika tidak mengetahui hot news disekitarnya.

5. Berdoa

Menjadi penyiar radio adalah langkah pertama masuk ke dalam dunia entertainment. Kerap kali banyak cobaan yang dating. Menjadi hal wajib sebagai penyiar radio yang beriman untuk berdoa menurut keimanan masing-masing.

 

Semangat dan terus berlatih ya teman teman! 😀

 

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    […] sudah dibahas tentang Tips Menjadi Seorang Penyiar Radio. Nah kali ini akan dibahas apa saja hal-hal teknis yang harus diperhatikan untuk menjadi penyiar […]

  • DISQUS: 0
    WhatsApp chat