5 Hal Teknis yang Harus Diperhatikan untuk Menjadi Penyiar

5 Hal Teknis yang Harus Diperhatikan untuk Menjadi Penyiar

Halo Sahabat STC! Kemarin sudah dibahas tentang Tips Menjadi Seorang Penyiar Radio. Nah kali ini akan dibahas apa saja hal-hal teknis yang harus di

Tips dan Trik Jitu Menjadi Seorang Penyiar Radio yang Kece Abis
Online Class STC : Public Speaking, MC, dan Radio Announcer 2020
Management Broadcasting-Bea Cukai Yogyakarta

Halo Sahabat STC!

Kemarin sudah dibahas tentang Tips Menjadi Seorang Penyiar Radio. Nah kali ini akan dibahas apa saja hal-hal teknis yang harus diperhatikan untuk menjadi penyiar radio.

Hal-hal Teknis Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjadi Penyiar Radio

 1. Artikulasi yang jelas

Penyiaran radio 100% diterima melalui suara. Untuk itu, artikulasi (kejelasan dalam pengucapan kata) haruslah jelas. Tidak harus cepat, yang penting artikulasi jelas. Karena dengan artikulasi yang jelas dapat membuat pesan tersampaikan dengan baik.

2. Pernapasan yang baik

Saat berbicara, pernapasan adalah hal penting yang perlu dilatih. Jangan sampai kita terkesan seperti orang kelelahan karena terdengar ngos-ngosan. Pernapasan yang baik bisa didapatkan dengan latihan pernapasan setiap hari, terutama latihan pernapasan perut. Pernapasan perut terukti secara biomedis lebih efektif daripada pernapasan dada. Untuk latihan pernapasan perut bisa dilakukan setiap pagi dan malam selama 10-15 menit.

3. Mengerti musik

Hal ini berhubungan dengan bagaimana kamu menyesuaikan dengan tempo lagu. Dengan mengerti musik juga kamu bisa memutarkan musik yang sesuai dengan mood dan keadaan saat siaran, bisa update tentang info-info lagu terbaru.

4. Mood baik

Penyiar tidak boleh terdengar murung atau tidak bersemangat. Karena mood yang buruk akan mengakibatkan siaran menjadi tidak optimal. Mood yang bagus terkadang susah didapat. Untuk itu penyiar radio harus belajar untuk tidak membawa masalah pribadi saat siaran. Mood yang baik bisa diekspresikan dengan menggunakan vocal expression.

Baca: Menjadi Penyiar Dituntut Ekspresif

5. Pengetahuan yang luas

Seperti yang dituliskan di atas bahwa penyiar radio harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Sebisa mungkin penyiar radio bisa sedikit tahu tentang banyak hal. Terutama tentang berita-berita terbaru supaya bahan siarannya bisa berupa berita terkini yang informatif.

 

Penasaran ingin belajar lebih lanjut tentang Penyiar Radio? Kamu bisa daftarkan diri kamu ke kelas Broadcasting Development Program Swaragama Training Center. Di sini akan belajar tentang teknis menjadi Penyiar Radio, apa saja yang harus dipersiapkan, dan bagaimana melatih olah vokal.

Info lebih lanjut tentang pendaftaran bisa langsung menghubungi Official Line @swaragamaTC atau whatsapp ke nomor 08562727323 dan dapatkan potongan diskon kelas 😀

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat