3 Elemen Utama Presenter TV

3 Elemen Utama Presenter TV

Halo, Sahabat STC! Kira-kira apa saja ya 3 elemen utama dari Presenter TV? Berikut ulasannya. Presenter Ya, tentu saja elemen utamanya adalah

National Operation Meeting AlfaMidi Indonesia 2020
SEPI – 4 Hal Dasar dari Presenter TV
Inspiring KJ (Kartini Jogja)

Halo, Sahabat STC! Kira-kira apa saja ya 3 elemen utama dari Presenter TV? Berikut ulasannya.

  1. Presenter

Ya, tentu saja elemen utamanya adalah presenter itu sendiri. Tugas utama seorang Presenter TV adalah menyajikan informasi dengan kalimat yang baik di depan kamera. Tidak jarang seorang presenter akan dihadapkan dengan reporter yang sedang berada di lapangan yang akan menyiarkan suatu peristiwa juga. Dibutuhkan komunikasi yang baik antara presenter dan reporter saat melakukan siaran, apalagi saat ditayangkan secara langsung. Keduanya harus fokus agar proses penyampaian berita dapat tersalurkan dengan baik.

Apa itu reporter? Reporter merupakan orang yang bertugas melaporkan atau menyiarkan suatu berita/kejadian dengan tugas utamanya adalah mengumpulkan berita yang kemudian diolah dan disiarkan. Penayangan hasil kerja reporter dapat dilakukan secara langsung pun tidak langsung (direkam, kemudian dilakukan pengeditan, lalu ditayangkan disaat yang tepat). Reporter identik dengan pekerjaan yang berada di lapangan, sedangkan seorang presenter ditempatkan di suatu studio atau ruangan tertutup.

  1. Juru kamera (kameramen)

Tugas utama seorang kameramen adalah merekam siaran suatu acara yang di dalamnya terdapat presenter dan atau narasumber. Jika sedang berada di lapangan, maka kameramen dituntut untuk merekam suatu peristiwa yang dapat menggambarkan kondisi riil yang sedang terjadi.

Nah, seorang Presenter TV juga dituntut untuk bekerja sama dengan kameramen. Biasanya, terdapat beberapa kameramen dalam suatu ruangan studio. Presenter harus bisa menyesuaikan diri dan tanggap dengan kode-kode yang diberikan oleh kameramen agar proses pengambilan video dapat berjalan dengan baik.

  1. Kamera

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah kamera. Ya, kamera merupakan peralatan inti penunjang pekerjaan seorang presenter TV. Tentu saja kamera adalah salah satu elemen penting yang harus ada satu paket bersama seorang presenter dan kameramen. Kamera yang digunakan di dalam studio akan berbeda dengan kamera yang digunakan di lapangan. Teknik pengambilan gambar dari setiap kamera juga akan berbeda disesuaikan dengan kebutuhan penyiaran.

Pict: unsplash.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat