First Impression itu PENTING!

First Impression itu PENTING!

First Impression kadang menjadi hal yang tidak begitu diperhatikan dalam presentasi! Kalau kamu mau maju presentasi atau ngajar atau apapun yang di

Design Slide Jaman Now
Tips Public Speaking untuk Pemula
Kesan Pertama Begitu Menggoda

First Impression kadang menjadi hal yang tidak begitu diperhatikan dalam presentasi!

Kalau kamu mau maju presentasi atau ngajar atau apapun yang didepan orang banyak, biasanya hal apa yang paling kamu persiapkan? katakan Yes jika yang kamu banyak siapkan adalah ISI MATERI!

YEs Yes,.

Tenang aja, itu gak salah kq, dan temanmu banyak.. Cuma ni, coba STC klo boleh kasih satu ide supaya penampilanmu lebih ok dan manstul!

Yang biasa dikatakan dengan istilah “First Impression” atau kesan pertama.

Kesan pertama ini kadang sering sekali dilupakan, tiba-tiba begitu masuk presentasi langsung ke bagian inti. Semisal,

“Perkenalkan saya Pak Budi, dan kali ini saya akan membicarakan tentang dampak Internet untuk anak Muda! Mari kita Mulai!”

Eh eh, sabar dulu bung. Waktu presentasi gak semepet itu, masih ada waktu yang kita bisa maksimalkan untuk kesan pertama ini, karena ada penelitian yang mengatakan bahwa 30detik awal presentasimu menentukan keseluruhan presentasimu! So 30 detik awal itu ya jadi KEsan Pertama. Dulu ada iklan permen yang tagline nya “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”, sama dengan public speaking, jika kesan pertama kita bisa sukses membawakan maka ketika masuk isi sampai closing akan lebih enak.

APa aja yang kudu disiapkan untuk membuat Kesan Pertamamu keren,

  1. Rencana

    • Pastikan Awalan harus sudah direncanakan sebelumnya, apa saja yang direncanakan : kudu tau siapa yang akan kita hadapi, dimana tempatnya, jam nya, bentuk acaranya, durasi dll. Dari hal tersebut bisa dibuat perencanaan yang baik, semisal dalam menentukan pakaian, tampilan, jokes, slide dll.
  2. Top up

    • Top Up berarti jangan mengeluarkan statement awal yang menjatuhkan diri sendiri, kecuali memang sedang acara standup atau komedi. Ucapkan dengan mantab nama kamu, kredibilitasmu juga.
  3. Gak ada kesempatan ke dua

    • Kalau kamu berfikir ah bsk lagi bisa kq, gak perlu sekarang. Yang perlu diingat adalah kesempatan kedua akan muncul kalau kesempatan pertama mu berjalan baik.
  4. Tidak ada Kata Maaf di awal

    • Nha kadang kita tidak sadar minta maaf diawal presentasi, dan sebenarnya ini tidak disarankan, karena membuat kamu terlihat “jelek” dulu dimata audience. Semisal “bapak ibu maaf saya baru persiapan tadi malam karena baru dihubungi kemarin” atau ” maaf kalau kurang maksimal karena harusnya teman saya yang presentasi”. PD aja lagi..

So itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan biar Kesan pertamamu dimata Audience lebih baik!

Selamat mencoba..

salam,.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat