Service Excellence

Service Excellence

Service Excellence saat ini menjadi bagian sangat penting dalam sebuah bisnis. Baik bisnis yang memang core utamanya adalah jasa, maupun yang core bis

Project Management, BNI Wilayah Yogyakarta
Cracking Successful Negotiation, BNI SKC Yogyakarta
Impression Management, RS dr. YAP Yogyakarta

Service Excellence saat ini menjadi bagian sangat penting dalam sebuah bisnis. Baik bisnis yang memang core utamanya adalah jasa, maupun yang core bisnisnya berupa barang. Terlebih saat ini dunia bisnis sudah banyak bergeser bentuknya, baik dari bentuk offline menuju online, dan juga bentuk-bentuk lainnya.

Namun dibalik setiap perubahan tersebut, ternyata service Excellence masih sangat diperlukan, karena baik usaha online maupun offline semua masih membutuhkan pelayanan yang excellence. Terlebih banyak usaha besar yang saat ini bertumpu pada usaha pelayanan, sebut saja Gojek, Grab atau angkutan online lainnya, dari bentuk perusahaannya mereka tidak memiliki armada sendiri, tapi kenapa usaha mereka bisa mengalahkan usaha-usaha transportasi offline lainnya? salah satu karena pelayanan mereka sangat memuaskan terhadap para customer.

So bagaimana caranya kita bisa memberikan service excellence dalam bisnis kita?

Kenal Product

Tentu saat ingin memberikan service excellence kepada para pelanggan kita, kita harus lebih tau dengan jelas dan pasti apa yang kita “Jual”. Coba detailkan seperti apa produk kita, bisa dilihat dari Keunggulan produk kita dengan yang lain, atau juga hal yang berbeda dan unik dari produk kita. Selain itu kita juga harus tau kenapa customer harus memilih produk kita dibanding dengan produk lain.

Kenal Customer

Kenal dengan customer ini bisa diartikan mengenal secara basic jenis-jenis pelanggan, namun juga yang lebih baik adalah kenal secara personal setiap pelanggan kita. Tidak harus berkenalan dengan semua pelanggan, namun ketika kita mengenal mereka secara personal tentu hubungan pasti akan lebih baik. Pelanggan pasti ini menyukasi sesuatu yang bersifat personal, terutama jika mereka tau dan hafal dengan nama mereka.

Semisal kenapa kita punya warung nasi goreng favorit? mungkin salah satunya karena kokinya tau nama kita dan pesanan kita tanpa kita order.

Dengat lambat, Respon Cepat

Pelanggan hampir selalu benar, jadi selalu dengarkan dengan lambat alias hati hati sebelum menyimpulkan apa yang disampaikan pelanggan kita. Setelah tau apa mau dari pelanggan, segera berikan kecepatan kita saat melayani, karena pada dasarnya setiap orang tidak suka menunggu lama.

Termasuk juga ketika pelanggan memberikan keluhan atau complain terhadap produk kita, dengarkan baik-baik dan jangan menyela jangan pula bertahan. Setelah tau complainnya, segera tanggapi dengan cepat dan perbaiki dengan cepat pula.

WOW point

Satu hal yang kadang dilupakan untuk memberikan Service Excellence adalah WOW point. Apa itu WOW point? Wow poin bisa diartikan kita memberikan “sesuatu” kepada pelanggan kita dan mereka merasa WOW saat mendapatkan sesuatu tersebut.

Contoh, ada sebuah mini market di Amerika yang memberikan secarik kerta berisi kata-kata mutiara ataupun quotes menarik kepada setiap pelanggannya dengan cara memasukan kertas kecil tersebu di dalam tas belanjaannya. Dengan kertas berisi tulisan yang menarik ini membuat para pelanggan ingin belanja lagi ditempat ini supaya mendapat kertas dengan isi yang berbeda.

Jadi sudah saatnya dimana usaha kita tidak hanya fokus kepada produk saja, tapi juga jangan lupakan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan kita.

Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan pelatihan tentang Service Excellence, silahkan hubungi STC di 08562727323 atau Line @swaragamaTC dan juga medsos STC di @SwaragamaTC.  Karena sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mempercayakan training Service Excellence nya kepada STC, beberapa diantaranya Bakpia Mutiara, Wedang Kopi Prambanan, RS Dr YAP, STTKD.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat