5 Tips Presentasi Keren

5 Tips Presentasi Keren

Pernah gak sih kita ikut seminar, atau mendengarkan materi di kelas dengan penuh semangat awalnya karena membaca judul presentasi / seminar yang seper

Public Speaking Training – KMTETI UGM
STC Goes to Campus -Arsitektur UKDW
“Public Speaking for Future Life” Generasi Cerdas Keuangan- OJK

Pernah gak sih kita ikut seminar, atau mendengarkan materi di kelas dengan penuh semangat awalnya karena membaca judul presentasi / seminar yang sepertinya keren. Namun pada saat Pembicara mulai pegang mic dan berbicara, mulai muncul rasa bosan yang datang. Seketika ingin sekali mengeluarkan Smartphone Anda dan stalking medsos mantan. Karena BOSAN!

Gak mau kan kita berada di posisi pembicara tesebut, membuat audience nya mati bosan.

So, ada 5 tips simple untuk melakukan presentasi yang bisa membuat presentasimu keren.

Awali dan akhiri Emosional

Sesuatu hal yang masih kita ingat hari ini pastinya punya sisi emosional. Kita pasti ingat cinta pertama, pun kita pasti ingat sama orang yang melukai, ataupun guru / dosen yang killer ataupun baik hati banget, teman yang baik pun temen yang paling nyebelin. Kita ingat.. Tapi masih ingat gak guru yg biasa aja, teman yang biasa aja, kemungkinan sudah lupa. Karena apa? Karena dosen killer, cinta pertama, sahabat baik adalah orang-orang yang emosional buat kita.

Sama dengan presentasi kita, kalau kita presentasi biasa saja, pastinya begitu selesai presentasi audience sudah lupa apa yang kita sampaikan.

Jadi awali dan akhiri dengan sesuatu yang emosional, supaya audience tetap ingat dengan presentasi kita. Emosional itu bisa lucu, ngeri, jijik, bahagia, dll. Contoh dulu pernah ada seorang pembicara yang memulai presentasi dengan memutarkan satu klip iklan pendek yang lucu banget, yang mana iklan itu ada hubungannya dengan materinya. Ada juga pembicara yang ketika menutup materi, tiba-tiba naik kemeja dan kemudian gebrak-gebrak meja dengan kakinya (tetap ini ada hubungannya dengan materi yang dia sampaikan), dan hal-hal tersebut membuat memori didalam ingatan audiencenya.

Silahkan juga cek bagaimana cara pembukaan yang mantab di sini.

Cerita

Kita masih tinggal di Indonesia, dimana kita dibesarkan dengan budaya cerita dan dongeng. Sehingga ketika kita mendengarkan cerita, kesannya jadi menyenangkan. Dari pada memberikan banyak teori, mending berikan cerita atau contoh dari teori yang kita sampaikan.

Aktivitas

Berikan Audience kegiatan yang sifatnya kinestetik atau bergerak, baik itu dengan ice break ataupun dengan game. Selain membuat presentasi lebih keren, hal ini akan menghindarkan audience jadi ngantuk. Ngantuk terjadi karena otak kurang oksigen, dan dengan bergerak akan banyak oksigen yang terserap sehingga ngantukpun hilang.

Interaksi

Ketika melakukan Presentasi, jangan biarkan audience hanya sebagai pendengar saja. Tapi ajak mereka berdiskusi dengan interaksi dengan mereka. Bahkan kadang kelas lebih hidup ketika kita bisa membahas sudut pandang dari peserta, selain itu ketika ada interaksi kita bisa lihat pemahaman peserta terhadap materi kita.

Hati-hati dengan Slide

Kita sudah pernah bahas didalam Slide Jaman Now, Silahkan cek lebih dulu. Didalam artikel itu dibagikan tips bagaimana membuat Slide yang kekinian, yang intinya didalam slide sudah dilarang menuliskan banyak kalimat dan deskripsi. Sering gak sih, kita denger pembicara hanya membacakan slide yang isinya penuh dengan tulisan?? dari pada kita hanya dengerin, mending minta copy slidenya dan pulan. Karena kita bisa baca, tul gak??

So, cobain tips diatas dan dijamin presentasi mu akan beda dari gaya presentasi orang lain yang masih B aja.

salam.,

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
WhatsApp chat